Penyebab Kurap dan Bahan Alami untuk Mengatasi


Kulit merupakan bagian yang rentan terkena serangan luar seperti jamur penyebab kurap. Bentuknya menyerupai cincin yang melingkar atau menyerupai cacing yang memanjang. Bagian kulit yang terkena infeksi jamur tersebut akan berubah menjadi bersisik dan berwarna kemerahan. Biasanya, dalam 2 minggu akan sembuh dan hilang dengan sendirinya, namun terkadang bertahan lebih lama.

Pemicu Munculnya Kurap pada Kulit
Kurap yang disebabkan oleh jamur aktif dapat ditularkan melalui beberapa medium seperti benda dan hewan. Penularan dari manusia yang terkena kurap pun dapat terjadi. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan kondisi sekitar untuk berjaga-jaga apabila orang terdekat atau teman yang biasa bersama menderita kurap atau tidak. Berikut beberapa kondisi yang dapat memicu timbulnya kurap :

Penyebab Kurap dan Bahan Alami untuk Mengatasi

a.    Kontak langsung dengan hewan yang mempunyai kurap. Apabila Anda menyentuh atau mengelus kucing, misalnya, yang terkena kurap maka kemungkinan besar akan menular ke Anda. Oleh sebab itu, hindari kontak langsung dengan hewan berkurap.

b.    Bersentuhan langsung dengan orang lain yang sedang menderita kurap. Apabila tidak ada kontak antar kulit secara langsung, maka kurap tidak akan menular dan menyebar ke kulit Anda.

c.     Kontak dengan benda-benda tertentu yang sebelumnya sudah tersentuh oleh orang atau hewan peliharaan yang terinfeksi parasit jamur penyebab kurap. Oleh sebab itu, hati-hati saat anggota keluarga atau teman yang sedang menderita kurap agar barang-barang Anda tidak dipakai berbarengan dengan mereka.

Pengobatan Kurap Menggunakan Bahan Alami

Ø Cuka apel
Merawat kulit yang terkena kurap agar cepat sembuh dapat dengan memanfaatkan cuka apel. Kandungan yang ada dalam cuka apel dapat memerangi jamur aktif yang menginfeksi kulit. Cara penggunaannya pun mudah, cukup tuangkan cuka apel ke buntalan kapas yang steril. Setelah itu, usapkan perlahan atau ditotol pelan ke kulit yang terinfeksi.

Ø Bawang putih
Bahan alami lain yang dapat dimanfaatkan adalah bawang putih. Agar tidak meninggalkan bau yang menyengat pada kulit, maka sebaiknya bawang putih dibuat dalam bentuk pasta dengan campuran minyak zaitun. Cukup hancurkan bawang putih menggunakan blender kemudian tuang minyak zaitun secukupnya. Setelah itu oleskan ke permukaan kulit minimal dua kali sehari.

Ø Minyak kelapa murni
Khasiat minyak kelapa murni atau dikenal juga dengan virgin coconut oil untuk kesehatan dan kecantikan kulit memang sudah terbukti. Kandungan yang terdapat pada minyak kelapa tersebut juga efektif membunuh jamur penyebab kurap. Cara memanfaatkannya mudah, cukup oleskan minyak kelapa secara perlahan ke permukaan kulit, dan diamkan selama beberapa saat.

Terkena infeksi jamur penyebab kurap memang sangat mengganggu dan menyiksa karena menimbulkan gatal serta panas. Apabila memutuskan menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat, maka harus rutin mengoleskannya karena baru akan terasa khasiatnya. Namun, sebaiknya konsultasikan juga ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar kurap tidak semakin parah dan menyebar ke bagian lain.