Inilah Daftar Pantangan Saat Kanker Ginjal Melanda

Manusia memiliki dua buah ginjal yang terletak di bagian bawah tulang rusuk bagian belakang, ginjal manusia berfungsi untuk menyaring dan membuang limbah atau sisa metabolisme dari dalam tubuh, mengatur sel darah merah, mengendalikan keseimbangan air agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, serta mengatur tekanan darah dan kadar garam di dalam tubuh.

Bagaikan mesin yang jika dipaksa untuk terus bekerja akan menyebabkan mesin aus, dan perlu diperbaiki atau perlu menggantinya dengan yang baru. Apakah ginjal juga dapat diganti dengan yang baru setelah tidak bisa bekerja dengan baik atau terkena penyakit? Untuk kalian yang mengidap kanker ginjal atau memiliki keluarga yang sedang melewati masa-masa pengobatan kanker ini, ada baiknya kamu mengetahui bahwa ada pantangan kanker ginjal yang perlu dihindari.

Berdasarkan data yang ada di Buku Pedoman Tata Laksana Kanker Ginjal Edisi Ke-2, angka insiden kanker ginjal di Indonesia saat ini yaitu sekitar 2.4 hingga 3 kasus per 100.000 populasi di mana angka tersebut mengalami peningkatan dari angka taksiran yaitu sekitar 1.4 hingga 1.8 per 100.000 populasi. Kanker ginjal lebih banyak ditemukan pada kaum pria, dan risiko akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia, terutama saat usia 60 hingga 70 tahun.

Untuk mencegah semakin parahnya kondisi seseorang dengan kanker ginjal, kita perlu mengatasinya dengan mengubah pola hidup sehat dan seimbang, salah satunya dengan memperhatikan apa saja pantangan saat kanker ginjal. Berikut ini adalah beberapa pantangan untuk penderita kanker ginjal yang perlu dihindari.

Inilah Daftar Pantangan Saat Kanker Ginjal Melanda

1.Nasi dan kentang
Nasi dan kentang merupakan karbohidrat yang kurang cocok dikonsumsi oleh penderita kanker ginjal. Mengonsumsi dua sumber karbohidrat ini malah menyebabkan penderita kanker menjadi lebih mudah merasa haus.

2.Telur
Makanan satu ini mengandung protein cukup tinggi dan sangat berbahaya bagi penderita kanker ginjal, karena protein tidak dapat dicerna oleh organ si penderita. Karena tidak dapat dicerna itulah, lama kelamaan si protein ini bisa menumpuk dan menjadi racun.

3.Makanan asin
Makanan asin dapat menyebabkan hipertensi, dan hipertensi inilah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker ginjal.

4.Gandum
Gandum merupakan sumber karbohidrat yang bagus, namun untuk penderita kanker ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi bahan pokok satu ini karena dinilai akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna.

5.Ubi dan singkong
Ubi dan singkong mengandung protein yang cukup tinggi dan juga mengandung gula. Penderita kanker ginjal sebaiknya menghindari umbi-umbian karena akan menyebabkan rasa haus setelah mengonsumsinya.

6.Daging
Daging sapi maupun ayam mengandung protein hewani yang tinggi, menjadi salah satu pantangan saat kanker ginjal. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengonsumsi daging ikan yang mengandung omega-3.

7.Keju dan coklat
Keju merupakan makanan yang berasal dari olahan susu, dan tidak baik untuk dikonsumsi penderita kanker ginjal. Dilansir dari laman Kumparan, keju dan coklat mengandung fosfor, kalium, dan potasium yang dapat menumpuk pada aliran darah penderita kanker. Jika penumpukan itu terus terjadi, dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan kesehatan lainnya. Selain itu, kandungan potasium yang tinggi dapat melemahkan denyut jantung, membuat detak jantung tidak stabil, dan dikhawatirkan akan menimbulkan serangan jantung.

8.Makanan berpengawet
Tidak hanya bagi penderita kanker ginjal, namun mengonsumsi makanan instan, atau makanan kaleng yang berpengawet pasti tidak baik untuk kesehatan semua orang. Makanan yang sudah diawetkan ini dinilai mengandung potasium dan sodium. Dan pengawet pada makanan juga malah menjadi racun bagi yang mengonsumsinya.