Tips Memilih Hewan untuk Qurban


Tips Memilih Hewan untuk Qurban - Tanggal 10 Dzulhijja atau tepat pada 22 Agustus 2018 adalah hari Idul Adha atau Idul Kurban . Idul Kurban adalah perayaan yang membawa makna luas bagi umat Islam. Umat   Islam diizinkan untuk menyembelih hewan kurban sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Salah satu syarat terpenting dalam melaksanakan kurban adalah menyediakan hewan kurban yang sah berdasarkan kualitas Islam dengan kualitas yang baik. Nah apa Saja ketentuannya :

Tips Memilih Hewan untuk Qurban

Usia Minimum Hewan
Aspek pertama dalam memilih hewan kurban yang baik adalah usia hewan kurban. Secara hukum, hewan qurban seperti kambing dan domba setidaknya harus berumur satu tahun sementara sapi dan kerbau harus berusia dua tahun. Dan bagaimana cara Anda mebelinya? Sebelim Anda membeli harus ketahui dulu harga sapi qurban.

“Cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan melihat gigi binatang. “Hewan yang disetujui ditandai dengan pergantian gigi, yaitu jika kedua gigi depannya rontok,” jelasnya.

Bentuk Tubuh Hewan
Aspek kedua adalah bentuk tubuh, tidak boleh cacat. Hewan yang akan dikorbankan harus diperiksa panjang tubuhnya, tinggi, harmoni, dan cacatnya. Hewan itu harus dalam kondisi normal. Selain itu, tulang punggung hewan kurban harus rata atau lurus, tanduknya seimbang, dan kakinya simetris.

Kesehatan Hewan
Aspek ketiga adalah kesehatan hewan. Karakteristik hewan yang sehat secara fisik adalah hewan yang aktif dan reaktif ketika didekati oleh seseorang. Hewan yang sehat akan gesit, kuat, bersemangat, tidak lemas, tidak gelisah, dan dengan nafsu makan yang baik.
Selain itu, hewan yang sehat juga memiliki rambut halus yang berkilau dan tidak mudah rontok. Rambutnya juga tidak berdiri dan berubah warna. Kulit hewan juga bebas dari parasit kulit seperti tungau, caplak, kutu, dan sebagainya.

Penyakit yang sering terjadi pada hewan kurban adalah kelelahan yang dapat terjadi akibat proses distribusi. Hewan kurban juga sering mengalami diare dan demam tiga hari atau BOVINE Ephemeral Fever (BEF). Mereka juga harus bebas dari kudis.

Bagaimana Tips Memilih Hewan untuk Qurban?

Persentase Berat Hewan
Aspek terakhir adalah persentase berat karkas. Karkas adalah bagian ternak setelah dipotong yang terdiri dari daging dan tulang, tanpa kepala, kaki, kulit dan jeroan. Karkas dihitung berdasarkan berat hewan saat masih hidup. Sebagai referensi, sapi PO (ras Ongole) harus memiliki berat karkas 40-45 persen, sapi Bali 52-55 persen, sapi Madura 46-48 persen, sapi limusin 52 persen, dan sapi ras simmental 51 persen.

Mengapa kita memberi Qurbani?
Setiap tahun, umat Muslim memperingati kepatuhan Nabi Ibrahim AS dengan melakukan pengorbanan hewan demi kemuliaan Tuhan. Dalam mimpi, Allah memerintahkan Ibrahim untuk mengorbankan putranya yang tidak bersalah, Ismail. Meskipun Ibrahim sangat mencintai putranya, dia rela menyerahkannya karena Tuhan telah menyuruhnya. Pada menit terakhir, Allah menyediakan seekor domba jantan sebagai korban alternatif, menyelamatkan nyawa Ismail.

Sampai hari ini, pembayaran Qurbani dilakukan untuk menghormati penyerahan Nabi Ibrahim kepada kehendak Allah. Ketika kami menawarkan Qurbani kami, kami membuktikan bahwa kami juga sepenuhnya taat kepada Tuhan dan perintah-Nya.

Siapa yang harus melakukan Qurbani?
Setiap Muslim dewasa yang berakal sehat yang memiliki tingkat kekayaan nisab (minimum) diharuskan membayar Qurbani. Demikianlah Artikel tentang Tips Memilih Hewan untuk Qurban semoga bermanfaat.